Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Makanan Sehat yang Harus Dihindari Saat Sakit

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Makanan Sehat yang Harus Dihindari Saat Sakit1
ideklik.com
Saat kondisi tubuh terasa lemah atau malah jatuh sakit, beragam makanan sehat pun banyak diandalkan untuk bikin badan kembali fit. Tapi yang perlu kamu tahu, tidak selamanya makanan sehat baik dikonsumsi saat kamu tidak enak badan atau menderita sakit tertentu. Yuk, simak bahasannya. 

1. Susu

2
Photo Source:  Health - Liputan6.com
Meski menyehatkan dan punya banyak manfaat karena nutrisinya yang lengkap, saat pilek menyerang, kamu harus menghindari minuman yang satu ini. Hal ini dikarenakan susu dapat menambah dahak dan lendir bertambah banyak. Artinya, saluran pernapasanmu akan semakin terganggu.

2. Jus Jeruk

3
Photo Source:  Resep Masakan dan Kue
Jus jeruk memang menyehatkan. Selain kaya kandungan vitamin C, jus buah ini juga mengandung antioksidan tinggi yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, saat kamu terserang flu dan juga batuk-batuk, kamu harus menghindari minuman yang satu ini. Pasalnya, jeruk punya kandungan asam sitrat yang bisa mengiritasi tenggorokan.

3. Keju

4
Photo Source:  Resep Masakan dan Kue
Tak ada yang menyangkal, kalau keju adalah makanan yang mengandung nutrisi tinggi, termasuk kalsium, fosfor, dan juga protein. Akan tetapi, bagi kamu penderita maag --terlebih maag akut-- kamu harus menghindari makanan ini. Karena, keju akan sangat sulit dicerna. Sehingga memperlambat proses pengosongan  lambung. Hal inilah yang kemudian akan mempengaruhi peregangan lambung dan pada akhirnya akan meningkatkan kadar asam lambung dalam tubuh.

4. Bayam

5
Photo Source:  Agrotani
Nah, untuk kamu yang menderita asam urat, sebaiknya kamu menghindari bayam. Ya, meski bayam punya kandungan zat besi dan vitamin C yang tinggi, namun sayuran hijau yang satu ini juga punya kandungan purin yang tinggi juga sehingga berisiko akan memperparah asam uratmu.

5. Ubi

6
Photo Source:  Forum ArenaBetting
Sebenarnya ubi itu menyehatkan. Namun, penderita diabetes sebaiknya menghindari jenis makanan ini karena buah yang tumbuh di dalam tanah cenderung mengandung indeks glukemik sangat tinggi. Hal itulah yang akan membuat kadar gula dalam tubuhmu akan meningkat.