Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Hal-Hal Sepele Pada Makanan Ini Bisa Bikin Kamu Keracunan

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Hal-Hal Sepele Pada Makanan Ini Bisa Bikin Kamu Keracunan1
Sunlight
Banyak orang yang belum tahu, hal-hal yang dianggap remeh dalam mengolah makanan ini efeknya bisa sangat membahayakan alias bikin kamu keracunan. Mau tahu apa saja yang mesti kamu waspadai saat memasak? Simak ulasannya! 

1. Mencuci Sayuran

2
Photo Source:  Sunlight
Kebanyakan orang selalu mencuci sayuran sebelum memasaknya agar  lebih higienis. Memang tidak salah. Tapi yang sering terjadi, tidak semua sayur yang sudah dicuci langsung dimasak, karena ada juga yang memasukkan ke dalam kulkas. Saat sayuran masih basah dan kemudian kita masukkan ke dalam kulkas, cara itu sebenarnya bisa membuat sayuran mudah terkontaminasi bakteri dan mikroba karena lembap.

2. Memanggang Daging Terlalu Lama

3
Photo Source:  FAKTA.CO.ID
Tak sedikit yang merasa sedikit jijik dengan daging (dalam hal ini steak) yang masih ada warna merahnya. Padahal, menurut penelitian dari Kansas University, daging (steak) yang baik adalah daging yang masih ada warna merahnya, karena belum terkontaminasi. Daging yang sudah tidak ada warna merahnya, berarti ada kemungkinan daging tersebut sudah terkontaminasi kuman atau bakteri.

3. Pilih-pilih Mencuci Buah

4
Photo Source:  Bangka Pos
Memang, sudah menjadi hal yang wajar juga kalau kita hanya akan mencuci buah yang kulitnya bisa kita makan, seperti apel, anggur, ataupun pear. Tapi ada baiknya juga, kita mencuci buah yang kulitnya tak akan kita makan, seperti semangka ataupun melon. Karena, bakteri yang ada di kulit buah juga bisa berpindah dari kulit ke dalam, atau malah masuk ke bagian daging buah.

4. Meninggalkan Makanan di Atas Kompor

5
Photo Source:  Sahabat Nestlé
Kamu pasti sering melakukan hal ini: memanaskan makanan di atas kompor dengan nyala api kecil. Maksudnya agar membuat makanan tersebut tetap panas. Padahal hal itu salah. Karena, ada beberapa bahan makanan yang tak bisa terkena panas dalam waktu tertentu dan kemudian malah menjadi racun untuk tubuh kita. 

5. Membekukan Daging

6
Photo Source:  Tabloidnova.com
Memasukkan daging ke dalam freezer juga merupakan hal yang biasa dilakukan. Padahal itu hal yang salah. Daging sebaiknya diletakkan di bagian bawah freezer (chiller). Itu karena saat kita masukkan daging ke dalam freezer, daging akan menjadi beku. Nah, ketika kita ingin menggunakan daging tersebut, otomatis kita harus memanaskan daging tersebut terlebih dahulu. Ya, minimal 5 derajat celcius, agar es-nya mencair. Fase itulah yang merupakan fase berbahaya, karena daging akan terkontaminasi dan membuat kamu keracunan.