Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Heboh! Nasi Ini Bikin Gempar Netizen Karena Membal Seperti Bola

Iqra RabikaIqra Rabika
Heboh! Nasi Ini Bikin Gempar Netizen Karena Membal Seperti Bola 1
Pinterest
Nasi merupakan makanan pokok bagi sebagian besar orang Indonesia. Makanya nggak heran, saat video kabar nasi yang dibulatkan dan membal seperti bola, banyak netizen pun menjadi heboh. Netizen menduga nasi yang didapatkan dari RM Padang tersebut menggunakan beras plastik yang membuatnya menjadi membal seperti bola. Tapi apa benar, ya? 
Dari video berdurasi 1.5 menit  tersebut, nasi yang mereka beli dari salah satu restoran Padang ini jika dibulatkan dan dilempar akan membal seperti bola, dan diduga menggunakan beras plastik sehingga bisa memantul. Namun, menurut salah satu pegawai restoran tersebut nasi yang digunakan di restoran tersebut bukanlah dari beras plastik, karena mereka murni menggunakan beras Sentra Ramos asal Cianjur.
2
Photo Source:  http://www.724press.com/
Ahli pertanian dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Dwi Andreas pun mengatakan bahwa wajar kalau nasi bisa memantul saat dibentuk jadi bola. Hal ini dikarenakan nasinya yang lembek dan rendahnya senyawa amilosa pada beras. Nah, beras seperti ini biasanya saat dikeringkan lebih mudah mengeras.
Selain ahli pertanian, Peneliti Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian, Djoko Said Damardjati pun mengatakan kalau kadar amilopektin dalan beras amat mempengaruhi kelengketan suatu beras saat dimasak menjadi nasi. Ia menduga kalau nasi yang dibentuk bola bisa membal karena beras yang digunakan mengandung amilosa yang tidak tinggi. Ia menduga, kadar amilosa dalam beras hanya sekitar 20-23%. 
Dan sekali lagi, kecurigaan kalau nasi membal ini terbuat dari beras plastik masih belum terbukti. Mending kita tunggu kabar selanjutnya saja ya Qravers!