Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Mie Aceh, Warisan Keragaman dan Cita Rasa Asli Indonesia

Iqra RabikaIqra Rabika
 Warisan Keragaman dan Cita Rasa Asli Indonesia - Photo 1
Qraved
Ketika mendengar “Mie Aceh”, tentu kita langsung terbayang masakan dengan cita rasa pedas yang menyeruak dan aroma kari yang kuat. Tentunya betul, Mie Aceh adalah masakan pedas yang termasuk produk akulturasi budaya di ujung Barat Indonesia. Bumbu kari kental yang khas dibawa dari India, sedangkan bahan dasar mie nya sendiri diadopsi dari China. Pilihan topping mie aceh biasanya antara daging sapi, kambing, atau seafood. Daging sapi dan kambing ini selalu punya stok melimpah di Aceh terutama saat acara-acara tertentu. Adapun stok hasil laut seperti udang dan cumi juga melimpah karena wilayah Aceh dikelilingi oleh Selat Malaka, Laut Andaman, dan Samudera Hindia, sehingga masyarakatnya juga banyak yang hidup sebagai nelayan. Hingga kini, Mie Aceh sudah bisa ditemukan di seluruh Indonesia, tentunya karena banyaknya masyarakat yang menggemari masakan khas dengan bumbu yang “berani” ini. Apakah kamu salah satunya?
2
Photo Source:  Paulus Kevin Saputra
Mie Aceh tentunya punya ciri khas yang menjadikan masakan ini tidak ada duanya. Salah satu perbedaan yang mencolok dibanding masakan mie lain adalah Mie Aceh selalu menggunakan mie kuning cerah yang tebal. Racikan bumbu halus yang juga wajib adalah cabai merah, kunyit, jintan, kapulaga, merica, dan bawang putih. Mie Aceh biasanya disajikan dengan tiga cara, yaitu goreng, kuah, atau tumis/nyemek (dengan sedikit kuah). Sajian ini juga rasanya kurang lengkap tanpa perasan jeruk nipis, taburan bawang goreng, emping, mentimun, tomat, dan acar bawang merah.
Warung Mie Aceh di ibukota juga biasanya menyajikan “teman” Mie Aceh lainnya, seperti Nasi Goreng Kambing, Martabak Kari Kambing, dan Roti Cane. Roti Cane bisa dinikmati sebagai sajian savoury jika disajikan dengan kari, atau bisa juga jadi hidangan penutup dengan pilihan topping susu kental manis, gula pasir, keju parut, atau coklat. Pilihan minuman yang jarang absen di daftar menu adalah Kopi Aceh, Teh Tarik, dan Es Timun Serut.

Rekomendasi Menu Khas Aceh untuk Jakarta dan Sekitarnya

1. Mie Aceh

3
Photo Source:  Paulus Kevin - Mie Aceh Tumis Seafood
4
Photo Source:  Paulus Kevin - Mie Aceh Goreng Biasa
Mie Aceh di dua tempat ini sama-sama punya porsi yang besar dan tentunya menggunakan mie kuning tebal yang khas. Bumbunya nendang dan pastinya cukup bikin keringetan. Harus siapin minuman dingin, nih.
Mie Aceh Tumis Seafood (IDR 30-32k) - Mie Aceh Bang Jaly (Bintaro). Mie Aceh Goreng Biasa (IDR 20-22k) - Mie Aceh Jaly Jaly (Ampera).

2. Martabak Kari Kambing

5
Photo Source:  Paulus Kevin - Martabak Kari Kambing
Tipe martabaknya nggak sama dengan martabak telur yang biasa dijual di luar restoran masakan Aceh, karena ini kulit luarnya nggak crispy dan nggak ada isian daging di dalamnya. Bumbu yang digunakan juga nggak terlalu dominan. Tentu ada alasannya, karena pelengkapnya yaitu kari kambing ini yang akan jadi highlight dan mendominasi cita rasa nya. Sebagai side dish, ini bisa jadi menu sharing untuk 3-4 orang.
Martabak Kari Kambing (IDR 39-41k) - Mie Aceh Bang Jaly (Bintaro).

3. Roti Cane

6
Photo Source:  Paulus Kevin - Roti Cane Susu Keju Coklat
Rasanya gurih manis dan porsinya cocok buat nongkrong. Harganya juga relatif terjangkau.
Roti Cane Susu Keju Coklat (IDR 16-18k) - Warung Mie Aceh Pidie Narasa (Pd. Aren)

4. Teh Tarik

7
Photo Source:  Paulus Kevin - Es Teh Tarik
Sampe tumpeh-tumpeh! Disini Teh Tarik nya beneran ditarik-tarik, bukan cuma diaduk, sehingga selalu ada bonus pertunjukkan dari peraciknya.
Es Teh Tarik (IDR 11-13k) - Mie Aceh Jaly Jaly (Ampera)
Detail Lokasi Restoran:
Mie Aceh Jaly Jaly (Ampera):
Jln. Ampera Raya, Samping Jln. Rini No.6B, RT.6/RW.2, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12560
Mie Aceh Bang Jaly (Bintaro):
Jln. Bintaro Raya No.11, RW.10, Kby. Lama Utara, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12240
Warung Mie Aceh Pidie Narasa (Pd. Aren):
Jln. Musholla Nurul Huda No.5, Pd. Aren, Kec. Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15224
Penulis: Paulus Kevin Saputra