Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Angsle, Minuman Khas Malang yang Buatmu Nyaman, Hangat dan Merindu

Iqra RabikaIqra Rabika
Minuman Khas Malang yang Buatmu Nyaman, Hangat dan Merindu - Photo 1
Qraved
Kota Malang, sudah terkenal menjadi salah satu tempat dengan hawa dingin di Indonesia. Dan jika membicarakan makanan khas daerah penghasil apel ini, pastinya kalian sudah familiar dengan bakso Malang, yang terkenal memiliki banyak varian isian nan mengunggah selera. Bakso Malang sangat digemari, lantaran dapat mengusir dinginnya hawa di Kota Malang.
Tetapi, tak banyak yang mengenal Angsle sebagai salah satu teman manis, saat harus melalui dinginnya Kota Malang di malam hari. Angsle sendiri, memang hanya ditemukan di malam hari. Walaupun saat ini, banyak juga yang menjualnya di siang hari, tetapi orang Malang sendiri, sudah terbiasa menyantap Angsle pada saat matahari sudah terbenam.
2
Photo Source:  Varintra Yulista Veda
Karena banyak juga yang menyebutnya sebagai wedang alias minuman dalam bahasa Jawa, Angsle sebenarnya memiliki penampakan yang mirip dengan sekoteng. Tetapi yang membedakannya adalah, kuah Angsle tidak menggunakan jahe dan hanya terdiri dari campuran santan, daun pandan juga gula pasir. Angsle juga tidak menggunakan campuran kacang tanah sangrai dan tak ada Petulo.
Tetapi uniknya, walaupun disebut sebagai minuman alias wedang, Angsle sebenarnya lebih cocok disantap daripada diteguk. Terlebih lagi, pemberian gelar 'wedang' di daerah Jawa, identik dengan pencampuran jahe dalam pembuatannya. Tetapi, Angsel berbeda dan tak menggunakan jahe, karena dianggap akan merusak cita rasa khas dari minuman ini. Walaupun, beberapa pedagang juga memberikan campuran jahe, karena Angsle juga dilabeli sebagai wedang yang khas dengan campuran jahe.
3
Photo Source:  Varintra Yulista Veda
Biasanya, penjual yang membuat kuah Angsle dengan campuran jahe, juga menyediakan sekoteng. Jadi seperti kata pepatah, yang berbunyi, mendayung dua tiga pulau terlampaui, alias sekalian daripada ribet memisahkan kuah yang berbeda. Sebenarnya, tak hanya memiliki perbedaan pada kuahnya saja, Angsle juga memiliki komponen-komponen lain, yang tak kalah nikmat. Diantaranya adalah Petulo, yang berbentuk mengemaskan seperti rambut keriting, potongan roti tawar, pacar cina yang berbentuk seperti mutiara berwarna merah muda, kacang hijau, dan ketan putih atau hitam.
Salah satu keunikan dan pembeda Angsle dari minuman lainnya adalah kehadiran Petulo, yang mirip dengan Putu Mayang, tetapi tak sepenuhnya sama. Walaupun memiliki bahan dasar dan cara pembuatan yang serupa, perbedaan mencolok Petulo dan Putu Mayang, adalah pada bentuknya. Petulo sendiri, memiliki penampakan yang lebih keriting ketimbang Putu Mayang.
4
Photo Source:  Varintra Yulista Veda
Nah, karena kehadiran Petulo inilah, yang membuat Angsle lebih tampak menarik dan memanjakan mata. Karena warna Petulo sangat cerah dan mencolok, seperti warna hijau muda yang cerah, merah gelap hingga merah muda. Penambahan kacang hijau, ketan putih, pacar cina, dan potongan roti tawar, membuat Angsle cukup mengenyangkan untuk sebuah minuman. Dan, Angsle akan selalu tersaji dalam keadaan hangat. Karena alasan itulah, Angsle sebenernya tak memerlukan tambahan jahe, untuk membuatnya sebagai minuman yang dapat menghangatkan.
5
Photo Source:  Varintra Yulista Veda
Dengan cita rasa manis, ditambah gurih dari santan dan juga beraroma wangi, membuat kuah Angsle sangat nyaman ketika disantap. Dan isiannya pun, semakin menambah kenikmatan, minuman khas Malang ini. Kehadiran Angsle, bisa menyatukan berbagai generasi, sejak tempo doeloe. Angsle dengan tampilannya yang cantik juga cita rasa manis dan memberikan efek hangat pada tubuh, selalu berhasil menghadirkan suasana yang menyenangkan dan nyaman, saat sedang berkumpul dengan keluarga juga orang tersayang.
6
Photo Source:  Varintra Yulista Veda
Jadi, buat kalian yang mampir ke Malang, maka kurang afdol rasanya jika tidak mencicipi Angsle. Karena minuman yang satu ini, dijamin akan selalu memberikan kenangan manis dan kehangatan yang tak mudah dilupakan. Jika kopi banyak disebut sebagai 'teman anak senja', maka Angsle bisa jadi kekasih yang dapat memberikanmu perasaan manis dan kangen saat tak menjumpainya lagi.
Penulis: Varintra Yulista Veda